Informasi Kelurahan Layanan Kota Potensi Unggulan Data Kelurahan
background

Luar Biasa Kelurahan Tanah Baru Berhasil Raih Juara Pertama Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jabar

2021-09-16 14:58:57

siaranjabodetabek.com, Depok -Kelurahan Tanah Baru berhasil meraih juara pertama mewakili Kota Depok dalam Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat, mengalahkan dua Kelurahan Purwaharja Kota Banjar dan Kelurahan Cipageran Kota Cimahi. Penetapan ini berdasarkan surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat Nomor : 2999/PMD.01.02/BINDES, tanggal 13 September 2021.

Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Kota Depok Tahun 2021, Muchsin Mawardi mengatakan,
pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021 telah selesai dilaksanakan. Lanjut Muchsin, tahapan penilaian administrasi, pemaparan peserta dan terakhir penilaian klarifikasi lapangan.

“Iya bener Alhamdulillah, Kelurahan Tanah Baru berhasil meraih Juara Pertama, ini cetak sekarah sebab sejak 20 tahun belum pernah juara, kita tau berdasarkan rapat pleno tim juri/penilai Lomba Desa dan Kelurahan, pada tanggal 3 September 2021,” kata Muchsin Selasa (14/9/3021) yang di dampingi Kasubag Pemerintahan Setda Kota Depok Setiawan.

Sementara Lurah Tanah Baru, Zakkya Fauzan mengatakan, proses panjang telah dilewati hingga sampai ke posisi ini. Mulai dari pemberkasan hingga proses klarifikasi, semua dilakukan dengan sikap optimistis.

“Alhamdulillah hasil terbaik bisa didapatkan. Kami bisa unggul melawan kota lain,” kata Zakky, Selasa (14/09/2021), diruang kerjanya.

Menurutnya, tak lepas dari dukungan semua pihak tidak luput dari pencapaian Kelurahan Tanah Baru. Mulai dari unsur pimpinan hingga masyarakat.

“Iya saya tau melalui surat dari Provinsi Jabar. Kami akan dipersiapkan untuk perwakilan Jabar pada tingkat nasional. Untuk waktu pelaksaan masih menunggu arahan,” urainya.

Zakky menjelaskan, kemenangan yang diraih merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang diberikan untuk masyarakat Tanah Baru. Begitu pula dengan program dan inovasi di wilayahnya, bukan hanya sekedar rencana. Namun, program tersebut telah berjalan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, ucapnya, Kelurahan Tanah Baru unggul atas inovasi dan program, antara lain, inovasi dukungan e-government seperti Sistem Layanan Online Kelurahan dan Kecamatan Kota Depok (SILO), Sistem Informasi Pengelolaan Arsip (SIARSIP) dan portal web kelurahan www.kel-tanahbaru.depok.go.id.

Kemudian, dan inovasi bidang pendidikan ada program Punuk Onta atau Pustaka Nu Normal Kota Depok – Kelurahan Tanah Baru, sebagai media edukasi dan informasi anak untuk mendukung gemar membaca.

“Bidang kesehatan ada program Antar Jemput Layanan Gratis untuk Lansia (Anjella) untuk masyarakat. Lalu dalam bidang perekonomian kami memiliki program Pojok Desaign dan promosi online (Podespromline). Yakni penyediaan sarana dan prasarana pendidikan pendukung UMKM dalam pembuatan kemasan dan digitalisasi pemasaran,” tambahnya.

Terakhir, pihaknya berharap program dan inovasi yang telah dilakukan bermanfaat serta menjadi kebanggaan bukan hanya bagi aparatur dan masyarakat Tanah Baru dan Kecamatan Beji, tapi juga untuk Kota Depok.

“Bersyukur jelas yang utama, berkat kekuatan doa, dukungan, bantuan dan kerja sama dari semua pihak, unsur, khususnya Pak Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Bunda Elly Farida yang secara langsung turun dan memberikan motivasi, sehingga menghasilkan raihan prestasi bagi Kota Depok,” tuturnya.

Sementara itu Walaikota Depok Muhammad Idris usai memberikan sambutan di acara pelatikan PKK se-kota Depok menyampaikan, syukur Alhamdulillah, Kelurahan Tanah Baru berhasil meraih juara, ini terkait kontatebel lurahnya, sebab keberhasil hasil dari kerja lurah dengan masyarakat nya.
“Alhamdulillah, berkat kerja kerasnya bisa meraih juara, mudah-mudahan tahun 2022 bisa naik ketingkat Nasional, Iya tentunya harapan saya meraih peringkat ketiga nantinya,” ucap Idris. (Adi).